KAMI MENANTIKAN KESAKSIAN SAUDARA YANG MENIKMATI FIRMAN TUHAN

Terjemahan

Saturday, March 26, 2011

IBADAH KAUM MUDA REMAJA SERANG, 14 DESEMBER 2010

IBADAH KAUM MUDA REMAJA SERANG, 14 DESEMBER 2010

“silahkan mengikuti Ibadah Kaum Muda remaja tentang DAUD dlm 1 Samuel 16”

Tema:  STUDY DAUD
            (Seri 01)

subtema:
 KEHIDUPAN YANG DIPILIH KARENA TUHAN MELIHAT HATI

Matius 22: 14
(22:14) Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

Banyak yang dipanggil tetapi sedikit yang dipilih.
Kita harus menjadi pribadi yang dipilih , masuk dalm pilihan Allah.

Contoh pribadi yang dipilih:
1 Samuel 16: 1, 6-13
(16:1) Berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Berapa lama lagi engkau berdukacita karena Saul? Bukankah ia telah Kutolak sebagai raja atas Israel? Isilah tabung tandukmu dengan minyak dan pergilah. Aku mengutus engkau kepada Isai, orang Betlehem itu, sebab di antara anak-anaknya telah Kupilih seorang raja bagi-Ku."
(16:6) Ketika mereka itu masuk dan Samuel melihat Eliab, lalu pikirnya: "Sungguh, di hadapan TUHAN sekarang berdiri yang diurapi-Nya."
(16:7) Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."
(16:8) Lalu Isai memanggil Abinadab dan menyuruhnya lewat di depan Samuel, tetapi Samuel berkata: "Orang ini pun tidak dipilih TUHAN."
(16:9) Kemudian Isai menyuruh Syama lewat, tetapi Samuel berkata: "Orang ini pun tidak dipilih TUHAN."
(16:10) Demikianlah Isai menyuruh ketujuh anaknya lewat di depan Samuel, tetapi Samuel berkata kepada Isai: "Semuanya ini tidak dipilih TUHAN."
(16:11) Lalu Samuel berkata kepada Isai: "Inikah anakmu semuanya?" Jawabnya: "Masih tinggal yang bungsu, tetapi sedang menggembalakan kambing domba." Kata Samuel kepada Isai: "Suruhlah memanggil dia, sebab kita tidak akan duduk makan, sebelum ia datang ke mari."
(16:12) Kemudian disuruhnyalah menjemput dia. Ia kemerah-merahan, matanya indah dan parasnya elok. Lalu TUHAN berfirman: "Bangkitlah, urapilah dia, sebab inilah dia."
(16:13) Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama.

Dari anaknya Isai, hanya satu yang Tuhan pilih untuk menjadi Raja atas Israel, yaitu Daud.

Alasan Tuhan memilih Daud:
ALASAN PERTAMA, bagian A

1 Samuel 16:7
(16:7) Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."

Alasan Tuhan memilih Daud adalah karena Tuhan melihat hati.

Mazmur 78: 70-72
(78:70) dipilih-Nya Daud, hamba-Nya, diambil-Nya dia dari antara kandang-kandang kambing domba;
(78:71) dari tempat domba-domba yang menyusui didatangkan-Nya dia, untuk menggembalakan Yakub, umat-Nya, dan Israel, milik-Nya sendiri.
(78:72) Ia menggembalakan mereka dengan ketulusan hatinya, dan menuntun mereka dengan kecakapan tangannya.

Tuhan memilih Daud sebagai raja atas Israel karena Daud
 memiliki hati yang tulus.

Kita pun harus memiliki hati yang tulus seperti Daud. Tulus saat beribadah kepada Tuhan, melayani Tuhan, saat kita memuji dan mendengar Firman Tuhan(tidak ada kepura-puraan).
Kita harus memiliki hati yang tulus supaya menjadi pilihan Allah.

Hati yang tulus ada kaitannya dengan:
1.    kecakapan tangan
Mazmur 78: 72
(78:72) Ia menggembalakan mereka dengan ketulusan hatinya, dan menuntun mereka dengan kecakapan tangannya.

Tangan cakap : suka
 memberi, menolong, membantu.
Kecakapan tangan artinya adalah melayani Tuhan sungguh-sungguh.

2.    sikap yang jujur
Mazmur 37: 37
(37:37) Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan;

Kalau
 tulus, pasti jujur. Sikap, prilaku, perkataan, semuanya jujur di hadapan Tuhan.

Hasil sikap yang jujur:
a.    membawa damai
Mazmur 37: 37
(37:37) Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan;

Dimana
 ada kejujuran , di situ ada damai sejahtera.

b.    ada masa depan
Mazmur 37: 37
(37:37) Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan;

Jika kita
 hidup jujur, masa depan kita ada di tangan Tuhan.

Alasan Tuhan memilih Daud:
ALASAN PERTAMA, bagian B

Kisah Para Rasul 13: 20-23
(13:20) selama kira-kira empat ratus lima puluh tahun. Sesudah itu Ia memberikan mereka hakim-hakim sampai pada zaman nabi Samuel.
(13:21) Kemudian mereka meminta seorang raja dan Allah memberikan kepada mereka Saul bin Kish dari suku Benyamin, empat puluh tahun lamanya.
(13:22) Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.
(13:23) Dan dari keturunannyalah, sesuai dengan yang telah dijanjikan-Nya, Allah telah membangkitkan Juruselamat bagi orang Israel, yaitu Yesus.

Alasan Tuhan memilih Daud adalah karena Daud
 berkenan di hati Tuhan = hati kita menyatu dengan hati Tuhan.

Yosua 24: 23-24
(24:23) Ia berkata: "Maka sekarang, jauhkanlah allah asing yang ada di tengah-tengah kamu dan condongkanlah hatimu kepada TUHAN, Allah Israel."
(24:24) Lalu jawab bangsa itu kepada Yosua: "Kepada TUHAN, Allah kita, kami akan beribadah, dan firman-Nya akan kami dengarkan."

Jika hati menyatu dengan hati Tuhan, maka tidak ada lagi yang melebihi dari Tuhan di hati ini dan tidak ada lagi berhala-berhala.
BERHALA
 adalah: segala sesuatu yang melebihi dari Tuhan

Ciri-ciri hati yang menyatu dengan hati Tuhan:
1 Samuel 13: 13-14
(13:13) Kata Samuel kepada Saul: "Perbuatanmu itu bodoh. Engkau tidak mengikuti perintah TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; sebab sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya.
(13:14) Tetapi sekarang kerajaanmu tidak akan tetap.
 TUHAN telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya dan TUHAN telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya, karena engkau tidak mengikuti apa yang diperintahkan TUHAN kepadamu."

Cirinya adalah
 mengikuti perintah Allah, seperti Daud berkenan di hati Tuhan karena Tuhan tahu hati Daud adalah seorang pribadi yang mengikuti perintah Tuhan.

TUHAN YESUS KRISTUS KEPALA GEREJA, MEMPELAI PRIA SORGA MEMBERIKATI
Pemberita Firman:
Gembala Sidang: Pdt. Daniel U. Sitohang