KAMI MENANTIKAN KESAKSIAN SAUDARA YANG MENIKMATI FIRMAN TUHAN

Terjemahan

Wednesday, October 17, 2018

IBADAH DOA PENYEMBAHAN, 14 AGUSTUS 2018



IBADAH DOA PENYEMBAHAN, 14 AGUSTUS 2018

KITAB KOLOSE
(Seri:135)



Subtema: ROH PEMECAH DAN ROH DUNIA.


Shalom saudaraku.
Selamat malam, salam sejahtera bagi kita semua, salam di dalam kasih Tuhan kita Yesus Kristus, oleh karena kemurahan Tuhan kita dimungkinkan untuk melangsungkan Ibadah Doa Penyembahan.
Sebentar kita akan tersungkur di bawah kaki salib Tuhan, sujud menyembah Allah yang hidup, namun terlebih dahulu kita memperhatikan firman penggembalaan untuk Ibadah Doa Penyembahan dari surat yang dikirim oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Kolose.
Tidak lupa juga saya menyapa umat Tuhan, hamba-hamba Tuhan yang sedang mengikuti pemberitaan firman Tuhan lewat live streaming atau video internet, Youtube maupun Facebook dimanapun anda berada, kiranya Tuhan memberkati kita sekaliannya.

Kita masih memperhatikan Kolose 2:8.
Kolose 2:8
(2:8) Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.

Dari ayat 8 ini terlebih dahulu kita memperhatikan kata; hati-hatilah Artinya: berjaga-jaga dengan segala kewaspadaan. Tujuannya: supaya jangan ditawan oleh filsafat kosong dan palsu yaitu ajaran turun temurun dan roh-roh dunia, ajaran ini bertentangan dengan Kristus.

1 Timotius 4:1
(4:1) Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan

Roh dengan tegas mengatakan di waktu-waktu kemudian ada orang akan murtad, berarti dengan sengaja mengundurkan diri dari ajaran sehat lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan.

2 Timotius 4:3-4
(4:3) Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
(4:4) Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.

Akan datang waktunya orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tadi telah disampaikan dengan jelas di atas sebab roh dengan tegas mengatakan ada orang akan murtad, berarti dengan sengaja mengundurkan diri dari ajaran sehat.
Demikian juga dalam 2 Timotius 4:3; akan ada masanya nanti orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, jadi persis dengan 1 Timotius 4:1 tadi.
Ada dua alasan sehingga orang mengundurkan diri dari ajaran sehat:
1.   Mereka akan mengumpulkan guru-guru (pengajar-pengajar) menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
Berbanding terbalik dengan pemberitaan firman tentang salib sifatnya mengoreksi daging, sakit bagi daging.
2.   Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.

2 Timotius 3:1-4
(3:1) Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.
(3:2) Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,
(3:3) tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,
(3:4) suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.

Di sini diungkit kembali tentang hari-hari terakhir seperti ayat-ayat di atas tadi.
Saudaraku keadaan orang-orang yang mengundurkan diri dari ajaran sehat: (1) mencintai dirinya sendiri, (2) menjadi hamba uang, (3) membual, (4) menyombongkan diri, (5) menjadi pemfitnah, (6) akan memberontak terhadap orang tua, (7)tidak tau berterima kasih, (8) tidak mempedulikan agama, (9) tidak tahu mengasihi, (10) tidak mau berdamai, (11) suka menjelekkan orang, (12) tidak dapat mengekang diri, (13) garang, (14) tidak suka yang baik, (15) suka mengkhianat, (16) tidak berpikir panjang, (17) berlagak tahu, (18) lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.
Keadaan orang-orang yang mengundurkan diri dari ajaran sehat dan itu terjadi di hari-hari terakhir ini (keadaan orang di akhir zaman).

Lebih rinci kita perhatikan keadaan mereka di hari-hari terakhir ini...
2 Petrus 3:2-4
(3:2) supaya kamu mengingat akan perkataan yang dahulu telah diucapkan oleh nabi-nabi kudus dan mengingat akan perintah Tuhan dan Juruselamat yang telah disampaikan oleh rasul-rasulmu kepadamu.
(3:3) Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya.
(3:4) Kata mereka: "Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan."

Mereka tidak percaya bahwa Yesus akan datang kembali untuk kedua kalinya sebagai Raja dan Mempelai Pria Sorga, sampai pada akhirnya mereka tampil menjadi pengejek-pengejek. Inilah orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya.
Alasan mereka tampil sebagai pengejek-pengejek ialah bahwa nenek moyang mereka telah meninggal namun segala sesuatu tidak ada yang berubah dari sejak dunia diciptakan.

2 Petrus 3:5-6
(3:5) Mereka sengaja tidak mau tahu, bahwa oleh firman Allah langit telah ada sejak dahulu, dan juga bumi yang berasal dari air dan oleh air,
(3:6) dan bahwa oleh air itu, bumi yang dahulu telah binasa, dimusnahkan oleh air bah.

Sebetulnya mereka dengan sengaja tidak mau tau tentang dua hal yaitu;
1.   Bahwa firman Allah telah menjadikan langit dan bumi.
2.   Air bah yang telah membinasakan segala yang hidup.
Itulah nanti yang terjadi di hari-hari terakhir ini.

Banyak orang Kristen tau bahwa langit bumi dan segala isinya diciptakan oleh firman Allah dan orang Kristen juga tau pada air bah zaman Nuh itu pernah melanda bumi dan membinaskan banyak orang, kecuali Nuh dengan isteri dan anak-anaknya.
Sebab memang sudah terlihat dengan jelas di dalam 2 Timotius 3:1-4 keadaan mereka dikuasai oleh delapan belas macam dosa akhir zaman, sampai akhirnya mereka tampil sebagai pengejek.
Tapi roh dengan jelas sudah memberitaukan itu bahwa di akhir zaman akan terjadi dimana orang akan mengundurkan diri dari ajaran sehat. Dari semua rangkaian ayat yang kita baca tadi menjelaskan bahwa itu akan terjadi.

1 Yohanes 2:18
(2:18) Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.

Bahkan di hari-hari terakhir ini akan bangkit banyak antikris, roh dengan jelas mengatakan bahwa hal itu akan terjadi

1 Yohanes 2:19
(2:19) Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

Bukan saja menjadi pengejak tetapi juga menjadi bagian dari antirkis, mengapa? Karena mereka memang tidak sungguh-sungguh mengikuti Tuhan.
Tadi sudah kita lihat di atas mereka dengan sengaja tidak mau tau bahwa langit bumi diciptakan oleh firman Tuhan, bahkan sekalipun ada contoh yang tertulis dalam Alkitab pada zaman Nuh telah terjadi air bah membinaskaan segala yang hidup tetap mereka tidak mau tau, mereka hanya mencari guru-guru untuk memuaskan telinga mereka, memalingkan telinga mereka dari ajaran sehat kepada dongeng-dongeng.

Yudas 1:17-18
(1:17) Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, ingatlah akan apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu oleh rasul-rasul Tuhan kita, Yesus Kristus.
(1:18) Sebab mereka telah mengatakan kepada kamu: "Menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka."

Menjadi pengejek-pengejek karena mereka hidup menurut hawa nafsu kefasikan mereka.
Sudah tau yang baik tetapi dengan sengaja hidup menuruti hawa nafsu dan berlaku fasik.

Yudas 1:19
(1:19) Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus.

Jadi mereka itu hidup dalam hawa nafsu kefasikan = orang yang hidup tanpa Roh Kudus.
Manusia tanpa roh Tuhan = binatang.
Pekerjaan dari binatang yaitu;
1.   Memecah belah -> nabi-nabi palsu.
2.   Dikuasai oleh keinginan-keinginan dunia ini -> roh antikris.

Kita akan lihat dimulai dari pada roh pemecah belah.
Tentang: ROH PEMECAH BELAH.
Yohanes 10:12
(10:12) sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu.

Pekerjaan dari serigala adalah menceraiberaikan kawanan domba, sehingga domba-domba menjadi liar tidak tergembala dengan baik dalam satu kandang dan satu gembala. Pendeknya, siserigala memecah belah supaya domba-domba menajadi liar, jauh dari Tuhan.

Kita lihat lagi di dalam ...
Kisah Para Rasul 20:28
(20:28) Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.

Rasul Paulus pada akhirnya menyerahkan sidang jemaat di Efesus kepada penatua-penatua atau penilik-penilik disana.
Tugas penilik-penilik atau pernatua-penatua itu adalah untuk menggembalakan kawanan domba.

Namun kita lihat pada ayat 29 dan 30.
Kisah Paral Rasul 20:29-30
(20:29) Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu.
(20:30) Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka.

Rasul Paulus dengan sadar bahwa sesudah ia pergi maka serigala-serigala yang ganas dan buas akan masuk di tengah-tengah sidang jemaat di Efesus, yaitu bahkan dari antara mereka sendiri akan muncul beberapa orang dengan ajaran palsu dengan tujuan memecah belah atau supaya domba-domba menjadi liar tidak tergembala.
Rasul Paulus mengajarkan hal yang baik, semua maksud Allah yang baik demi penyelamatan sidang jemaat di Efesus, tapi tidak selamanya dia ada di Efesus karena dia harus mati di Yerusalem untuk menggenapi firman Tuhan.
Jadi dengan jelas bahwa pekerjaan dari pada si serigala adalah memecah belah supaya kawanan domba itu menjadi liar jauh dari Tuhan, tandanya tidak tergembala dengan baik dan benar dalam satu kandang dengan satu gembala.

1 Timotius 4:2
(4:2) oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.

Jadi nabi-nabi melayani menurut keinginan sendiri, yaitu: yang hati nuraninya memakai cap mereka.
Tapi Rasul Paulus memilik pendirian yang kuat dalam hal memberitakan salib Kristus.

Kalau kita periksa di dalam Injil Matius 7:15 nabi-nabi palsu disebut serigala berbulu domba, mengapa? Itu bisa dilihat dari buah pelayanan mereka, hanya sebatas bernubuat, kemudian mengusir setan, mengadakan tanda-tanda heran. Memang mereka melakukan tiga perkara ajaib itu demi nama Tuhan tapi pada akhirnya Tuhan berbicara “Aku tidak mengenal kamu semua yang melakukan kejahatan.
Kalau melayani hanya sebatas tiga perkara ajaib tadi tetapi salib ditolak, salib tidak ditegakkan di tengah ibadah pelayanan itu adalah pembuat kejahatan karena mereka melayani dengan cap mereka.
Jadi jangan ada seorangpun diantara kita menggerutu, ngomel hanya karena tidak kuat menerima berita salib,
Sekarang kita lihat roh-roh dunia.

Tentang: ROH-ROH DUNIA.
1 Yohanes 4:1-4
(4:1) Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.
(4:2) Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,
(4:3) dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.
(4:4) Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

Memang seorang hamba Tuhan harus diuji apakah dia berasal dari Allah atau berasal dari dunia ini, kalau hamba Tuhan itu berbicara tentang salib itu roh yang berasal dari Allah, tapi kalau hamba Tuhan itu berbicara soal perkara di dunia itu adalah roh antikris, maka tidak sulit memahami atau mengenal seorang hamba Tuhan.

Sekarang kita akan melihat dalam Wahyu 13:16-18.
Wahyu 13:16-18
(13:16) Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
(13:17) dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.
(13:18) Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Saudaraku roh antikris adalah roh jual beli, capnya adalah enam ratus enam puluh enam (666) di dahi ataupun di tangan kanan mereka. Roh antikris ini tidak berasal dari Allah sebab mereka hanya bicara tentang perkara lahiriah (roh jual beli), dan capnya enam ratus enam puluh enam (666).
Cap dari nabi palsu yaitu hati nurani yang licik, cap meterai dari antikris 666, sedangkan pimpinan dari sebuah ajaran yang baik dan sehat adalah darah salib, sehingga dengan demikian memudahkan kita untuk mengenal dan mengerti seorang hamba Tuhan karena memang roh dari seorang hamba Tuhan perlu diuji.

JALAN KELUARANYA.
Kisah Para Rasul 20:31-32
(20:31) Sebab itu berjaga-jagalah dan ingatlah, bahwa aku tiga tahun lamanya, siang malam, dengan tiada berhenti-hentinya menasihati kamu masing-masing dengan mencucurkan air mata.
(20:32) Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya.

Jalan keluarnya adalah mari kita memperhatikan firman kasih karunia-Nya.
Di dalam Injil Yohanes 1:14 Firman menjadi daging dan Allah telah memberikan kemuliaan-Nya kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa penuh dengan kasih karunia dan kebenaran.
Kemudian ayat 16 dari kasih karunia yang satu kita dibawa kepada kasih karunia yang lain, sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa tetapi kasih karunia dan kebenaran berasal dari Anak Tunggal Bapa.

Kita bersyukur kita mendapatkan ajaran yang sehat yaitu firman tentang salib Kristus, sehingga kita dapat melihat kemuliaan-Nya yaitu kemuliaan yang diberikan Bapa kepada Anak Tunggal Bapa.

1 Petrus 2:19-20
(2:19) Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung.
(2:20) Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah.

Pendeknya; fiman kasih karunia adalah salib yang diberitakan atau pengajaran salib.
Kalau kita menerima ajaran salib maka kita harus menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung itulah kasih karunia.
Dan oleh kemurahan Tuhan kita diserahkan kepada firman kasih karunia-Nya kita tidak diserahkan kepada ajaran asing, ajaran yang tidak sehat. Firman kasih karunia cap atau meterainya adalah darah salib, sedangkan firman yang berasal dari nabi palsu cap atau meterainya adalah hati nurani yang licik, sedangkan firman atau roh antikris meterainya adalah enam ratus enam puluh enam (666).

Kisah Para Rasul 20:32
(20:32) Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya.

Dampak positif menerima firman kasih karunia ialah berkuasa membangun kehidupan kita sekaliannya berarti membawa kita masuk dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna menjadi Mempelai Wanita Tuhan, kemudian berkuasa membawa kita untuk mendapat bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya, itulah Yerusalem yang baru, kerajaan kekal kerajaan yang tidak tergoncangkan.
Sebagaimana Rasul Paulus telah mengatakan; aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan firman kasih karunia yang berkuasa membangun dan membawa kita mendapat bagian dari apa yang telah ditentukan oleh Tuhan bagi kita itulah kerajaan sorga kerajaan yang kekal, diluar firman kasih karunia tidak berkuasa membawa mereka masuk dalam pembangunan tubuh Kristus dan tidak mendapat bagian dengan apa yang telah ditentukan oleh Tuhan.
Hari-hari ini kita harus tegas memilih sebuah ajaran sebab itu hati-hatilah berarti berjaga-jagalah dengan segala kewaspadaan. Amin.


TUHAN YESUS KRISTUS KEPALA GEREJA, MEMPELAI PRIA SORGA MEMBERKATI

Pemberita firman:
Gembala Sidang; Pdt. Daniel U. Sitohang




No comments:

Post a Comment